Sneak Peek Managing Change ditengah Pandemi ala XLFL!

Pandemi Covid-19 telah merubah wajah tahun 2020 menjadi penuh cerita akan hal baru dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah kampanye untuk tetap #dirumahaja  yang bertujuan untuk memutuskan rantai penyebaran covid-19. Meskipun tetap berada #dirumahaja bukan berarti tidak bisa melakukan apapun seperti biasanya. Justru dengan kecanggihan teknologi saat ini kita tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa, namun dengan cara yang berbeda.

Salah satu kompetensi utama XL Future Leaders, yaitu managing change, memegang peran penting menghadapi perubahan dalam situasi saat ini. Tahun 2020 banyak hal baru yang akan mewarnai XL Future Leaders. Yuk, mari kita simak bersama!

Shifting To Online

Kegiatan tahunan XL Future Leaders, seperti Youth and University Townhall dan Workshop Class beralih menjadi daring atau online. Hal ini dilakukan untuk mematuhi kebijakan pemerintah Indonesia dalam mengupayakan pemutusan rantai virus. Semua kegiatan yang dialihkan menjadi sistem daring memanfaatkan teknologi Streaming Video dan Video Conference.

Saksi hidup yang menyaksikan perubahan besar ini adalah mereka  penerima beasiswa XLFL angkatan ke-7 dan 8. Pada bulan April, semua kelas yang telah dijadwalkan tatap muka sebelumnya digantikan dengan kelas daring. Kelas tetap dilaksanakan dalam hitungan waktu selama 2 hari atau selama 16 jam. Namun oleh Facilitator memberikan pilihan untuk dilaksanakan melalui dua cara. Pertama, durasi tetap dilaksanakan dalam 2 hari namun dengan pembagian empat sesi per hari. Kemudian yang kedua adalah dengan membagi menjadi setiap sesi menjadi 4 jam pada hari yang berbeda.

Berada berjam-jam di depan komputer dan menerima materi mungkin akan menjadi hal yang sulit. Tapi ternyata menjadi hal yang menyenangkan dan tetap efektif. Tentu saja hal tersebut tidak terlepas dari kreativitas Facilitator dan kerja sama para penerima beasiswa dalam mengimplementasi kompetensi managing change. Berikut adalah beberapa pendapat mereka terkait dengan perubahan ini.

Workshop Class online was so great. Ketegangan dan keseruan yang dirasakan di kelas juga tetap ada dalam online workshop. I personally think that it was good to make us ready in every situation, everytime, everywhere in the near future. XLFL has prepared us for those conditions. That is one real implementation of managing change” Boy Kresendo Situmorang, XL Future Leaders Awardee Batch 8.

Brand New Programs!

Nah, selain pengalihan secara daring, XLFL juga menghadirkan beberapa program baru untuk menyebarkan manfaat kepada seluruh anak muda Indonesia. Beberapa diantaranya adalah E-Workshop dan Sejam Bareng Facilitator. Kedua program ini baru saja diluncurkan oleh XLFL tahun ini. Program ini membidik anak muda Indonesia untuk bisa mendapatkan pengetahuan terkait dengan persiapan karir di dunia profesional. Kegiatan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi live streaming social media dan video conference.

Program baru dari XLFL ditujukan untuk memfasilitasi dan juga menjawab pertanyaan-pertanyaan anak muda terkait dengan dunia kerja. Tema-tema yang diangkat oleh XLFL dalam program terbaru juga sangat menarik dan berhubungan dengan kebutuhan mereka. Beberapa tema misalnya mengangkat tentang persiapan curriculum vitae, pilihan bekerja sesuai hobi atau fungsi, hingga terkait dengan memilih keputusan untuk melanjutkan kuliah S2 atau terjun ke dunia kerja. Menariknya seluruh program langsung ditangani oleh para Facilitator XL Future Leaders. Program-program ini akan terus dilakukan di masa yang akan datang dengan variasi kreatif lainnya.